marudut.jpg

Masa yang dilewati oleh setiap pribadi alumni di asrama adalah catatan pribadi yang tak ternilai bagi perjalanan hidup masing-masing. Penghargaan terhadap komitmen Founding Fathers, dan ucapan terima kasih bagi almamater adalah juga panggilan individu memaknai catatan pribadi masing-masing. Kehadiran Paryasop sebagai suatu wadah tentunya dapat menjadi pemersatu dan wujud kepedulian alumni dalam bentuk nyata.

Tepat dua tahun berlalu sejak Paryasop diikrarkan dalam Reuni Akbar Alumni Asrama Yayasan Soposurung 3-5 Nopember 2005. Perjalanan yang telah dilalui Paryasop untuk mewujudkan visinya sebagai wadah untuk berkreasi dan mengabdi, menemukan berbagai hambatan dan tantangan sebagai hal yang lumrah bagi suatu ikatan yang masih relatif muda. Interaksi yang ideal antara komitmen pengurus dan partisipasi anggotanya masih menjadi impian yang harus diperjuangkan.

Serangkaian kegiatan telah dilaksanakan, baik internal maupun eksternal Paryasop. Secara khusus komitmen bagi almamater menjadi prioritas utama bagi Pengurus Paryasop bekerjasama dengan rekan-rekan alumni di bonapasogit. Dengan tidak mengabaikan perhatian internal, Pengurus Paryasop berusaha menciptakan media yang dapat menjembatani komunikasi dan interaksi, serta mengadakan kegiatan yang dapat memberikan kesempatan berpartisipasi bagi anggotanya.

Mengikuti perkembangan yang terjadi belakangan ini, baik dalam kepengurusan Paryasop maupun perkembangan almamater tercinta, Pimpinan Paryasop berusaha memberikan respon yang proporsional dan berpijak pada Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga yang menjadi payung hukum pelaksanaan pendelegasian aspirasi alumni. Reorganisasi dan ekspansi kepengurusan dilakukan untuk menemukan bentuk yang tepat dalam mengakomodasi kebutuhan ikatan dan membuka kesempatan yang seluas-luasnya bagi anggota untuk dapat berpartisipasi memberikan komitmen dalam mewujudkan visi Paryasop yang tentunya adalah visi bersama semua alumni.

Setiap tahun anggota Paryasop bertambah, setiap tahun taraf kehidupan alumni akan meningkat, setiap tahun juga tingkat pemikiran dan tingkat pencapaian dalam kehidupan alumni semakin menuju ke tahap yang lebih baik, apakah ini dapat mengartikan Paryasop ke depan akan semakin lebih baik? Apakah Paryasop dapat mengoptimalkan partasipasinya akan kelangsungan Asrama Yayasan Soposurung? Saya optimis bersama kita bisa.

‘Let’s do it together’ adalah ungkapan yang selalu disampaikan Ketua Paryasop dalam berbagai kesempatan. Meletakkan tujuan mulia Paryasop dalam tanggung jawab bersama alumni sangatlah tepat, mengingat sebaran profesi Paryasop yang cukup luas dan bervariasi akan memberikan pandangan yang sangat matang dan multi aspek dalam pengambilan kebijakan dan keputusan.

Relevan dengan semboyan ‘bersama kita bisa’, ketika membahas komitmen alumni dalam partisipasi pembiayaan asrama, seorang Lumban Irvan Pardede menuturkan: ‘Saya jadi teringat buku autobiographynya Billy Graham (just as I am). Karena kagum padanya, suatu waktu seorang super kaya di amerika menawarkan dana tak terbatas utk proyek penginjilannya, dengan catatan dia tidak akan minta lagi dari orang-orang lain. Dengan ini si orang kaya ini berharap Bill Graham akan fokus utk penginjilannya saja tanpa merisaukan pendanaan. Tapi Bill Graham menolak, karena menurutnya karena uang-uang yang sedikit dari banyak orang itulah yang memberi kan kekuatan doa dan semangat utk penginjilannya. Semakin banyak yang mendukung secara dana (walaupun duitnya sedikit), semakin membawa berkat proyek penginjilannya itu baik bagi yang memberi maupun yang menerima.’

Sebagai penutup, dengan tidak lelah untuk berharap dan teringat akan mimpi yang dituangkan oleh Ketua Formatur Alumni Saudara Joseph F. Sihite: “Saya punya mimpi, suatu hari kelak ikatan ini menjadi sebuah organisasi yang dapat berbicara dalam konteks nasional dan internasional. Menjadi lembaga yang memiliki kekuatan untuk mengembangkan teknologi, mengembangkan kehidupan berbangsa, dan mengambil bagian dalam kepemimpinan bangsa.”
pada kesempatan ini juga saya mengucapkan Selamat Ulang Tahun Paryasop, selamat berjuang mewujudkan impianmu.

Wakil Ketua Paryasop 2005-2009

dipaparkan dalam PODA ‘Paryasop Bulletin’

3 Responses to “PARYASOP! (Marudut R. Napitupulu)”

  1. lupa Says:

    lupa kalian semua ya
    yasop dan alat politik
    tb silalahi melindungi koruptor
    monang sitorus
    kalian hanya akan menjadi pemakan manusia batak lain dengan berpura-pura jadi malaikat
    lihat danau toba
    belajar dari pencemaran yang dilakukan TB silalahi
    lihat hotelnya
    yasop jadi bisnis baru


  2. hehehe…mana ada politikus bersih di republik ini om? silahkan ditulis saja kritiknya bung (jgn cuma response dong, masa kita mau disebut responsif? ), admin blog ini barangkali akan bersedia mem-publishnya,

    terkait pencemaran, danau toba itu kan luas, dan saya pikir 6 kabupaten yang dihubungkan oleh aliran danau toba ikut bertanggung jawab akan pencemaran danau toba. Dan lebih jauh lagi, habisnya hutan Tapanuli oleh TPL saya pikir memiliki andil besar dalam ekosistem perairan Danau Toba.

    saya nantikan ulasannya bung!!

    Mauliate

  3. Josep Franklin Sihite Says:

    Setiap mengingat mukadimah AD/ART itu, hati saya bergetar, aku yakin tidak lama lagi sudah mulai terlihat, mungkin secara pribadi-pribadi akan banyak alumni yang akan menjadi pembuat keputusan. dan mimpi yasop sebagai organisasi Paryasop juga, suatu saat akan menjadi organisasi penting yang akan ‘didengarkan’ pendapatnya akan tiba waktunya.
    saya bangga jadi bagian keluarga ini,
    semoga organisasi kita, dapat berbicara lebih banyak lagi dikemudian hari untuk kemajuan bonapasogit, bangsa dan tentu memiliki sumbangsih untuk warga bumi. horas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s