logo-paryasop.jpg

Hasil keputusan kongres I Ikatan Alumni Yayasan Soposurung di Soposurung Balige pada tanggal 4-6 November 2005, bertepatan dengan Reuni Alumni Yayasan Soposurung telah membentuk suatu ikatan alumni, yang bernama Ikatan Alumni Yayasan Soposurung (Paryasop).

Hasil kongres telah menetapkan ketua dan wakil ketua masa periode 2005-2009 dengan Ketua: Sangkan Tambunan dan Wakil Ketua: Marudut R. Napitupulu.

Kongres juga menghasilkan dan menetapkan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Ikatan Alumni Yayasan Soposurung yang mengamanatkan ketua Ikatan Alumni Yayasan Soposurung (Paryasop), untuk membentuk pengurus yang akan menjalankan aktivitas organisasi lewat program kerja.

TUJUAN

A. Internal

  1. Merupakan sebuah wadah untuk membina hubungan bersama demi kesejahteraan bersama.
  2. Menumbuhkan, membina dan mengembangkan alumni Yasop kearah kematangan berfikir, integritas, dan peningkatan kualitas disegala bidang.

B. Eksternal

  1. Mengabdikan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi bangsa Indonesia umumnya dan bagi Tapanuli khususnya.
  2. Menjalin hubungan kerjasama dengan Yasop demi pengembangan Almamater.
  3. Bekerjasama dengan organisasi-organisasi lainnya dalam berperan aktif sebagai kekuatan moral bagi terlaksananya tatanan hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang lebih demokratis bagi serta berkeadilan sosial.

 

PENGURUS PUSAT PARYASOP 2007-2009

Paryasop Secretariat

Support and leadership, meeting organizer, surat menyurat (korespondensi), hubungan dengan pihak eksternal (Eksternal Affair).

Benget Siburian, Donal Pardosi

Paryasop Treasury

Pembukuan, dan pengelolaan rekening dan kas Paryasop.

Sofia Butar-butar, Meilina Manik, Suryanti Sitorus

PARYASOP DIVISIONS

1. Paryasop Learning & Development

Melakukan pembinaan terhadap alumni Yayasan Soposurung, pembinaan untuk siswa/i asrama Yayasan Soposurung melalui berbagai program dan aktivitas, dan mengadakan program pelatihan dan aktivitas lain untuk pamong asrama dan guru-guru SMA Negeri 2.

Star Hasugian, Mangapul Nababan, Tiorida Nababan

2. Paryasop Organization Development

Melakukan kajian-kajian untuk pengembangan organisasi, menyusun peraturan-peraturan organisasi, dan mempersiapkan Ikatan Alumni Yayasan soposurung menjadi organisasi yang berbadan hukum.

Marzuki Sinambela, Santoso Sinaga

3. Paryasop Social Affair

Meningkatkan keperdulian terhadap sesama alumni khususnya yang mengalami duka cita ataupun dalam bentuk suka cita. Memberikan bantuan dana pendidikan untuk alumni yang mengalami kesulitan finansial dan bersifat insidential.

Yosi Sujatmika, Manontong Sianipar, Natal Hutabarat

4. Paryasop Internal Affair

Meningkatkan ikatan persaudaraan sesama alumni melalui kegiatan-kegiatan yang sifatnya fellowship, mencari dan mendistribusikan informasi mengenai beasiswa dan lowongan kerja di kalangan alumni, mengagas adanya kelompok-kelompok profesi sesama alumni

Manatar Sitohang, Klemen Sinaga, Kartika Sitorus, Agustina Pardede

5. Paryasop Membership Center

Membangun dan meng update database alumni dari waktu ke waktu, melaksanakan proses registrasi anggota yang baru, menerbitkan kartu keanggotaan.

Hamzah Sinaga, Rudi Sihombing, Rio Siahaan

6. Paryasop Bulletin “PODA”

Mengelola bulletin Paryasop sebagai media komunikasi

Rudi Siagian, Heryani Napitupulu

7. Paryasop Internal Funding

Mendesign metode pengumpulan iuran anggota yang efisien dan efektif, melakukan pengumpulan iuran anggota, dan pelaporan pengumpulan iuran anggota per bulan.

Hermanto Hutasoit, Endot Purba, Manasse Sitorus

8. Paryasop Business Development

Menginisiasi terbentuknya bentuk-bentuk kerjasama usaha diantara sesama anggota organisasi/alumni dengan tujuan menjalin kerjasama dan membangun jejaring usaha sesama alumni. Dalam waktu singkat membetuk usaha sederhana yang dimiliki organisasi dengan melibatkan anggota secara langsung dalam pengelolaan dengan tujuan melatih anggota untuk persiapan pengelolaan badan usaha yang lebih besar dan meningkatkan kesejahteraan anggota khususnya yang masih berstatus mahasiswa (yang terlibat langsung dengan usaha tersebut).

Sofian Simangunsong, Olaf Sitompul, David Maurich, Nova Pardede, Esron Hutagaol.

9. Paryasop Documentation & Archieving

Menyelenggarakan pengarsipan dokumen-dokumen serta mendokumentasikan kegiatan-kegiatan Paryasop

Andar Pasaribu, Efraim Hutabarat, Alonso Finn Manik

10. Paryasop Almamater Affair

Sebagai interface alumni terhadap asrama terkait SNBI, secara kontinu memberikan masukan-masukan atas nama ikatan alumni kepada pihak almamater, memberikan solusi atas query dari almamater.

Reinhard Simanjuntak, Royal Pangaribuan

11. Paryasop Information System

Maintaining dan improvement mailing list, mendefinisikan dan menegakkan aturan/etiket mailing list, mengembangkan media komunikasi yang lebih efektif.

Adi Krismanto Hutauruk, Melda Simanjuntak, Juliver Sihombing, Joel Hutasoit, Ramses Siagian

For informations please contact CP Sekretariat:

  • Benget Siburianbenget <benget_yakub@yahoo.com>;
  • Rudolf Pardosi <pardosi_ro@yahoo.com>;
  • Or paryasop@gmail.com.