Tulisan ini ku buat sambil mendengarkan lagu climb every mountain nya kita… Sengaja ku tuliskan dalam gaya bahasa percapakan sehari hari, agar merefleksikan kondisi sebenar-nya dan mudah dimengerti oleh siapa saja dari abang, kakak, adek2 yang baca.

(seminggu masuk shift malam…)

Semua bermula dari bangun siangku yg terganggu karena tiba-tiba hpku berdering cukup kencang…

Duh kok ngak ku-silent aja td yah..pikirku,zzzzz… aku tidur kembali, zzzz…bunyi pula lagi, ah siapanya ini, jangan jangan dari pabrik ini….

Lalu kulihat ke layar hp ku tertulis Ando (red: panggilan bang fredsly di rumah : Ando)…ada apa ya, pikirku.. Langsung kuangkat.

Halo… Terdengar suara berat di sebrang..

Apa itu bang? Sahutku.

Yang tidurnya kau dek?

Iya knapa bang?

Ngak, mau ngobrol bentar… Diam sejenak..

Ya udah ngomong aja bang…zzzz.. (ngomong pelan masih lemas..)

Bangun lah kau dulu, tak enak awak cerita kalau kau 5 watt..

yah, apa pula lagi ini pikirku…

Dek, Maccamnya banyak nganggur aku belakangan ini bah…

Maksudmu gmn bang? Bukannya rencana bikin usaha lain lagi kau?…naik dikit jadi 10 watt…

Iya…

Ya udah cari aktivitas lain lah, fitness kek, lari sore kek, apalah itu terserah mu..

Ah, kalau itu dah terus2an nya awak jalanin…

Knapa nga jualan cendol atau pisang goreng aja kau bang pake srikaya …kaya yg di bsd kita makan..

Ah, nanti lah itu dek…

Ya udah laundry aja gmn?

Ah, bukan itu maksudku.. Bukan masalah usaha ni brurrr…

Apanya maksudmu? Ngomonglah bro!

Hening sebentar … diam..

…. Aku mau mengajukan diri jadi ketua ni dek…

Heee? Muka tua? Bah baru nyadar kau bang muka tua kau?

Bah… nga jelas ini, bangun dulu kau, cuci dulu mukamu dek…. penting ini coy!

Tar tar… minum dulu aku ya, … glek.. glek… glek…untung ada aqua botol sedang di samping ku….segar…

Oke, lanjut bang….

Gini dek… aku mo maju jadi calon ketua ….

Ketua apa? Par- voucher bandung? Ngapain itu bang, dapat diskon harga emang nya kalau ketua kaya gitu?

Bukan coy, sabar dulu… bukan ketua itu …kau simak dulu aku ngomong ini…

Trus ketua apa?

Ketua Paryasop dek …

Heeeeeee?  serius nya kau bang???????

Iya dek, serius ini !!

Ngapain kau jadi ketua, ngak mending kau kerja aja di jkt aja?

Yah lalap, dah dari dulu kita bahas, awak ndak mau kerja ama orang..biarlah kau aja yg jadi pegawai ditindas ama bosmu..

Ahhh.. Sial kali kurasa kok jadi awak yg kena, pikirku.

Lah kenapa tiba2 kaya disambar petir kau ngomong gitu bang? Mau ngapain kau jadi ketua?

Hmmmm …, dah saatnya kupikir aku belajar sesuatu yg laen….kembangkan lg diriku, dah banyak orang kukenal di dunia pervoucheran ini, tp cuma skill negosiasi ku aja yg berkembang, yg lain tak.

Emang mau apa lg yg kau kembangkan bang? Dah kembang nya perutmu kuliat hehehe..

Ah serius dl kau kandiong..(Red: kandiong nama ejekanku di rmh).

Seriusnya awak bro!

….. kalau kuliat si Sby ngomong di depan public beda kali auranya bah…

Trus apa hubungannya?

Ah, lambat kali kau ngerti, nampak kali kau anak mesin, ditempelengi terus pas ospek..ngek!…

Ya udah, serius lah kita dulu ngomong bang. Kenapanya rupanya?

iya, aku pengen belajar jd pemimpin dek.. Khan ngak gampang itu, ngambil keputusan ama mikirin banyak orang, banyak resiko yg hrs dipikirin..Selagi aku ada waktu sekarang dek, kalau dah nikah ntar dah beda ceritanya itu, pasti keluarga no satu buatku. Kalau sekarang aku khan flexiblenya, bisa kemana aja tiap hari..

Lah ngapain belajar di paryasop, taunya kau kondisinya skrg khan? Di milis pun sering kalinya perang…

Ya krn itu lah coy, kalau kau terjun ke paryasop, otomatis kau hrs bisa memfasilitasi pikiran2 orang yg pintar2 itu.

Tengok aja dek, dah berapa angkatan sekarang? Dah banyak abang2 itu yg jadi, masa nga bisa kupelajari dulu satu2 cara mereka berpikir, apalagi taunya kau khan adek2 angkatan baru itu kritisnya bukan main.  Yakin kali aku kalau disatukan banyak yg bisa dibuat.

Kenapa ngak aktif di ikatan alumni teknik kimia aja bg? Lebih banyak orang2 jago di sana apalagi nambah kenalan, pasti ada nya itu pebisnis khan.

Beda dek… kalau mulai dr awal-nya, baru terasa tantangannya.

Tantangan apa nya maksud mu bang?

Ya kaya pas awal kita coba voucher inilah sama bg anjur, bg roy, si joksan ama si agus.. Karena ngak di sini nya kau waktu itu, puas kali dek rasanya dari yg transaksi 20 per hari menjadi 200 per hari.

Semua ide kami coba, sampai kami cat dindingnya ruko itu warna pink biar pembeli cewek merasa tertarik dtg, dan terbuktinya da bah, banyak kali cewe2 manis datang beli ….

Pokoknya bedalah coy!! Susah kugambarkan rasanya!

Trus dah sama siapa aja kau ngomong ttg ini bang?

Gini dek, sebenarnya dah kami omongi ini di bandung sama beberapa abang2 ama adek2 yg sering ngumpul di kosan bang Roy.

Tau nya kau khan, rata2 nga terlalu aktifnya semua kawan2 di situ, cuma memantau aja nya di milis ama kumpul2 acara kecil aja.

Pengen kami yg ngak aktif ini ngambil peran di paryasop bah, kok kayanya sekarang pas kali waktunya.

Waktu gmn maksudmu bg?

Iya, khan bisa nya kau liat kondisi nya skrg, masih banyak yg bisa dikerjakan…kawan2 itu pengen jd pengurus juga katanya…

tiba2 terputus…tit tit tit..

Lngsng ku telp balik, kok mati bang? Nga tau ini jaringan trouble terus bah! Ah pulsa mu nya kali abis?

Yah.. hp ini pun servernya pulsa elektronik, masak abis pulsa nya. Ya udahlah dek, kapan kau ke bandung? Kumpul lah dl kita yuk biar kita diskusikan dulu, susah aku ngejelasinnya lewat hp kaya gini….

Okelah bg, besok aku dtg ya..

Mantap coy, gitulah , jgn lp bawa rokok itu ya.

Oke bang, beres,… Tuttttt

………. bersambung.

(Penulis adalah Yossy Andrew Girsang, saudara kandung Fredsly Hendral Sardol Girsang. Sejak SD satu kelas, SMP satu sekolah, SMA satu kelas, kuliah satu kampus,…. Saat ini Yossy msh karyawan di pabrik rokok yg selalu pakai batik di daerah karawang-bekasi)

“Kalau berawal dari niat, gunung tangkupan parahu pun bisa kita pindahkan” Dang i bro?