paskah.gif

Pemuda itu pasti seorang kader pemimpin bangsa. Orang tuanya berasal dari partai paling kuat dalam nasionalisme yudais dan begitu ketat menaati hukum taurat. Hal ini tentu saja diturunkan kepada dia. Pada usia ketiga belas, bocah lelaki itu telah paham benar sejarah bangsanya, sajak-sajak Mazmur dan kepustakaan para nabi bahkan ilmu filsafat pada zamannya bukan tidak mungkin menjadi makanannya sehari-hari.

Bagaimana tidak, Gurunya saja Gamaliel, cucu Hillel, yang merupakan Guru tertinggi agama Yahudi pada masa itu. Dia benar-benar dididik sebagai seorang intelek religius yang semakin cerdas. Ketekunan dalam membedah teks semakin mempertajam keahliannya dalam ilmu debat tanya jawab yang dikenal dengan ‘diatribe’. Dia belajar menguraikan segala sesuatu dengan terperinci, sebab seorang Rabi bukan hanya sebagai pengkhotbah tetapi berperan sebagai pengacara untuk membela hukum-hukum kudus. Pemuda itu benar-benar mengungguli rekan-rekannya.

Dengan kemampuannya maka tinggal beberapa langkah lagi akan membawanya ke kursi Sanhedrin, Mahkamah Agama tertinggi dan paling dihormati “ Hall of Polished Stones”. Rasa nasionalismenya yang tinggi lahir dari watak keras sehingga pemuda ini pada usia dini meninggalkan Tarsus , kota kelahirannya yang merupakan kota besar dengan pelabuhan laut dan rute perdagangan yang sangat populer menuju Roma. Yerusalem lebih berharga baginya dan bagi keluarganya.

Ayahnya yang merupakan pengusaha tenda yang mapan di Tarsus mengirimkan putranya itu dengan impian dia menjadi pembesar bagi bangsa Yahudi. Kebanggaan mereka menjadi orang Israel lebih besar dibandingkan menjadi orang bebas di Tarsus dengan identas warga Negara Romawi yang sangat istimewa pada zamannya. Pemuda ini memulai karir dan hidup dengan langkah tegap dan mengangkat kepala. Namun kisah kejatuhannya dari segala kebanggaan itu pada akhirnya akan lebih dikenal dari abad ke abad dibandingkan segala prestasi yang pernah terukir.

Bersambung……..

Kakak-Kakak, Abang, Teman-teman dan Adik-Adik Alumni…
Jangan Lupa mendoakan dan menghadiri.

PASKAH PARYASOP
12 April 2008
Pukul 17.00
Tema : I CHOOSE YOU ( Kis 9:1-15)
Tempat: Gereja HKBP Kernolong, Kramat, Jakarta Pusat

Contact Person :

Balugu 081384861407
Sopar 085214736656

Salam,
Panitia Paskah Paryasop 2008